Minggu, 12 Mei 2013

Macam-Macam Hosting/Web Hosting

Pengalaman bekerja di perusahaan hosting menggerakan saya untuk menulis artikel tentang macam-macam hosting yang ada di indonesia. Berikut di bawah macam-macam hosting.

1. Shared Hosting
Shared Hosting adalah web hosting server yang digunakan beramai-ramai oleh banyak webmaster sekaligus. Kelebihan shared web hosting ini adalah harganya yang murah, sedangkan potensi kerugiannya adalah jika web server yang digunakan beramai-ramai tersebut overload, sehingga dapat menyebabkan server down atau tidak bisa diakses oleh pengunjung.
Shared hosting cocok bagi anda yang baru memulai merintis website/blog untuk keperluan pribadi ataupun organisasi. Jika kemudian website/blog yang anda kelola sudah sangat padat pengunjugnya, sangat disarankan untuk beralih ke Virtual Private Server atau langsung Dedicated Server. Atau jika anda masih berkeberatan pindah ke server lebih tinggi, bisa juga dengan membagi masing-masing tema website anda menjadi website-website baru di shared web host server yang berbeda. Server shared web hosting yang berbeda bisa anda dapatkan dari provider sama atau provider lain.

2. Virtual Private Server Hosting, biasa disingkat VPS.
Berbeda dengan Shared Web Hosting dimana banyak fitur dari sebuah server yang dibatasi, di VPS hal tersebut berkebalikan. Jika semua terasa mudah di shared Web Hosting, mungkin pada awalnya berhadapan dengan VPS akan terasa sedikit susah, sebab banyak hal yang mesti di set sendiri meskipun tak seberat Dedicated Server.
Kelebihan menggunakan Virtual Private Server adalah sebuah web server yang disediakan hanya dibagi untuk beberapa klien saja, dan masing-masing klien mendapatkan jaminan kepastian minimal memory yang bakal didapatkan untuk website yang dikelolanya. Karena digunakan lebih sedikit orang, akses ke VPS harusnya lebih cepat dibandingkan ke Shared Web Hosting.

3. Dedicated Server
Cocok bagi anda yang memang memiliki website padat trafik dan sama sekali tidak ingin terganggu dengan website-website webmaster lain dalam satu server, atau cocok juga bagi anda yang bermaksud membuka usaha Web Hosting Provider sendiri. Bagi perseorangan, memiliki Dedicated Server sendiri dapat menjadi kerugian besar, jika website yang dikelola belum memiliki nilai ekonomi tinggi, mengingat harga sewa Dedicated Server yang cukup mahal.

4. Colocation Server
Colocation Server sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Dedicated Server, yang membedakan Colocation Server dan Dedicated Server adalah nilai sewa dari pihak provider hosting.

Click to comment