Mengenali Error pada PHP Dan Cara Mengatasinya

|| || || Leave a komentar
Bagi kita yang sudah malang-melintang di dunia programming, termasuk PHP, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya "error" di dalam program. Ibaratnya itu sudah menjadi kudapan sehari-hari. Sedangkan bagi kita yang baru terjun di dunia programming, terutama PHP, seringkali "error" merupakan sesuatu yang menakutkan dan membingungkan. Banyak yang akhirnya nyerah dengan programming.
Terdapat 3 (tiga) tingkatan error program yaitu error tata bahasa (sintaks), error runtime dan error logika. Dari ketiga jenis error program tersebut, sebenarnya yang paling mudah ditangani adalah error yang pertama yaitu error tata bahasa (sintaks) karena compiler atau interpreter langsung memberitahukannya saat program dikompilasi atau dijalankan. Namun demikian, tetap saja diperlukan pengalaman, ketelitian dan kegigihan dalam menangani atau mencari penyebab error yang muncul.

Memang untuk menjadi terbiasa menghadapi berbagai error program, diperlukan proses pembelajaran dan pengalaman yang cukup banyak. Oleh karena itu, perbanyaklah belajar dan mencoba sebanyak-banyaknya program jika Anda ingin menguasai pemrograman web dengan PHP. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kita semua.

1. Kurang Titik-Koma

Jenis error program ini merupakan error yang paling sering ditemui. Penyebabnya karena kurang menambahkan titik-koma ( ; ) pada akhir suatu perintah (statement). Solusi dalam mencari letak kesalahan programnya membutuhkan kejelian dan ketelitian. Namun demikian, umumnya akan ditunjukkan baris dimana error tersebut muncul. Mulailah dari baris tersebut, namun tidak selamanya penyebab kesalahan berada pada baris yang ditunjukkan. Terkadang penyebab kesalahan justru berada di baris atas atau sebelumnya.

Berikut ini beberapa contoh program beserta tampilan error yang akan muncul jika program dijalankan:

<?php
$nim = "436443087";
$nama = "Yaser Gumilar"
echo $nim;
echo $nama;


Jika program di atas dijalankan maka akan ditampilkan error sebagai berikut:

Parse error: syntax error, unexpected T_ECHO in /home/achmatim/public_html/artikel_demo/error-php/error1.1.php on line 4

Baris yang ditunjukkan pada tampilan error di atas adalah baris ke-4, namun jika diperhatikan program 1.1 di atas ternyata penyebab error justru bukan di baris ke-4. Penyebab error berada pada baris 3, dimana statement tidak diakhiri dengan titik-koma ( ; ). Mengapa PHP justru menunjuk ke baris 4? Hal ini disebabkan karena proses pemeriksaan sintaks oleh PHP dilakukan secara berurutan (sekuensial) dari baris pertama hingga terakhir. Pada baris ketiga belum terjadi error, namun statement masih memerlukan adanya titikkoma ( ; ). Saat PHP berada di baris 4, bukan titik-koma ( ; ) yang ditemukan, namun justru perintah “echo”, sehingga disinilah PHP akan menunjukkan errornya. PHP tidak akan mengetahui penyebab errornya dimana, namun PHP akan menunjukkan pada baris mana error mulai terjadi. Tips: periksa program pada baris yang ditunjukkan oleh pesan error, jika tidak ditemukan, periksa baris atasnya. Demikian dan seterusnya hingga penyebab error ditemukan.
/[ 0 komentar Untuk Artikel Mengenali Error pada PHP Dan Cara Mengatasinya]\

Posting Komentar